torehan kata seputar kegiatan per-digital-an gw. mulai dari online, internet marketing, web design dan digital kamera

09 July 2007

cara menghemat batere laptop

dari pengalaman ber-internet ria dengan menggunakan laptop di tempat umum adalah terbatasnya waktu.. dengan penggunaan standart toshiba satellite A105 gw cm mampu bertahan maksimal 2 jam !!!
pernah kejadian pas sabtu (gw kan sabtu kerja setengah hari) siang sekitar pukul 14.00 dah nongkrong di PIM, setelah batere habis balik kost dulu buat ngecharge dan malemmnya 19.30 balik lagi ke PIM hahahahaha.. kebayang dah gmn repot nya..
pengalaman kena sapa dari security di PIM terpaksa membuat gw gak berani colokin listrik sembarangan di sana :D
ada beberapa alternatif yang sempat kepikir untuk bisa bertahan lama HSDPA mode di PIM;
1. online di cafe2 yang ada colokan listriknya.. tapi kl dipikir2 setiap hari gitu bisa bobol budget harian gw euy.. paling tidak bakalan keluar dana diatas 50 rb kl mo nangkring di kafe beneran kek gitu, ehehehe.. pdhl sebagai anak kost kan harus pandai2 mencari celah untuk menghemat uang gaji kan..
2. mampir tempat teman yang rumahnya dekat ma PIM.. sayang nya dia cuti beberapa hari ke jogja buat ketemu doi na..
3. beli batere cadangan buat memperpanjang umur ber-online ria nya.. setelah browsing ke beberapa situs rada ketarik buat beli batere yg 12 cell, di situs nya toshiba harga $129.. hmmm.. setelah baca2 review dari beberapa web dibilang kl batere 12 cell bakalan banyak menonjol keluar (Hahhh !!) selain itu juga berat.. hik hiks..juga pengeluaran tiba2 sebesar $129 (belum termasuk biaya kirim euy) bakalan mengurangi peluang gw beli vga 7950 buat maen game hehehe.
4. mencoba memperpanjang umur batere laptop (sebenarnya lebih tepat disebut menghemat penggunaan batere laptop) akhirnya menjadi pilihan paling masuk akal untuk sekedar memperpanjang umur sampai kurang lebih 30 menitan.

ini dia beberapa tips ringan yang gw lakukan setelah browsing beberapa situs :
1. layar menjadi salah satu penyebab borosnya batere laptop. pny gw yang 15,4" dah pasti makan banyak sekali power :(. salah satu solusi nya adalah dengan mengurangi tingkat kecerahan (brightness) sampai batas minimal kita masih bisa melihat. gak lucu dah kl hemat batere tapi gak bisa buat kerja apa2 hahaha. kalau dari toshiba ada pilihan cepat untuk menurunkan brightness yaitu dengan cara tekan tombol Fn + F6..
2. mengaktifkan fungsi POWER PLAN bawaan dari toshiba. (Fn + F2) dengan itu kita bisa memilih beberapa alternatif power yang akan kita gunakan. Dulu saat pake windows XP ada banyak pilihan menu.. dan menu favorit gw adalah LONG LIFE. pilihan ini otomatis akan membuat tampilan layar brightness 1, processor 3 dan otomatis bila tidak digunakan dalam waktu 5 menit layar akan auto off. tapi setelah memakai windows vista cm ada 3 pilihan, HIGH PERFOMANCE, BALANCE, POWER SAVER.. dan keknya POWER SAVER juga kurang begitu yahuud dibanding pas dulu pake LONG LIFE nya windows xp.. ikz ikz.. tapi mungkin juga karena vista yang rakus memory ya.
3. cabut SD card yang selalu nongkrong di laptop. begitu juga dengan usb flash disk dan mouse.
4. karena Gw koneksi pake pcmcia modem maka gw bisa disable WIFI dan lan card supaya bisa lebih menghemat daya.
5. mute sound, jangan sembari nyetel mp3..bisa2 cepet2 angkat kaki ehehehehe..
6. jangan menyalakan program bersamaan (multitasking) usahakan untuk menjalankan program satu satu..
7. bikin auto off untuk layar 1 menit.. jadi biasanya kan kl download sembari gw tinggal makan jadi layar gw bikin off, nanti 5 menit sekali gw geser2 mouse supaya gak keterusan jadi stand by hihihihi.
8. membuang semua program residen di memory. ini bisa kita lihat dari tampilan di kanan bawah. kl disitu berdesak2an icon program sebaiknya dikurangi atuh..mencegah supaya program tidak langsung nyala kl kita start windows bisa dari MSCONFIG atau dari setingan masing2 program.
9. setelah jam kantor selesai dan gw mo ke lokasi pendowloadtan, laptop gw biarkan dalam kondisi hibernate supaya nanti load start up nya lebih cepat beberapa menit..

ada beberapa cara yang disarankan juga untuk menghemat penggunaan batere tapi belum gw lakuin :
1. usahakan laptop tetap dingin, karena kalau panas bakalan makin cepat membuang tenaga. < plan mo beli kipas untuk dudukan laptop itu lho.. tapi malas jg kl kudu bawa2 kemana2 gitu >
2. matikan service yang tidak terpakai

nanti kalau ada perkembangan cara cara baru untuk menghemat batere laptop gw akan update lagi dah

No comments: